Senin, 20 Februari 2017

Syarat Bayar Pajak Motor dengan Proses Cepat dan Mudah Melakukannya

Syarat Bayar Pajak Motor - Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara dan apa sajakah yang menjadi syarat bayar pajak motor? Bagi Anda yang belum mengetahui, Anda dapat mencari tahu dengan membaca uraian berikut ini. Bagi Anda yang belum pernah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, Anda tidak perlu bingung. Salah satu Rutinitas yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor ini sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Hanya saja, karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar, lalu banyak orang yang hanya menggunakan atau memanfaatkan jasa orang lain. Namun bagi Anda yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor sendiri, Anda tentu dapat melakukannya dengan mudah.

Syarat Bayar Pajak Motor,cara membayar,pajak motor,cara bayar,motor tanpa bpkb,syarat bayar,bayar pajak,motor lewat atm,pajak stnk,motor kredit,Cara Memperpanjang,Prosedur Cara,Syarat Perpanjang,

Berikut ini akan disampaikan bagaimana cara membayar pajak serta apa sajakah yang menjadi syarat bayar pajak motor 5 tahunan dan 1 tahunan. Langsung saja,proses-prosesnya sbb:

1. Langkah pertama
Langkah pertama dalam pembayaran pajak bermotor yaitu dengan mengisi formulir perpanjangan STNK sesuai dengan biodata yang ada pada STNK dan BPKB kendaraan bermotor. Isilah dengan lengkap pada loket pendaftaran di Samsat setempat, kemudian lampirkan juga syarat-syaratnya. Untuk syarat bayar pajak motor tahunan, Anda perlu melampirkan STNK asli dan fotokopi STNK, KTP asli serta fotokopinya dan BPKB asli (sesuai STNK dan BPKB). Kemudian untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan, akan dilakukan cek fisik atau cek Nomor Ranka dan Nomor Mesin kendaraan. Selain itu juga, Anda harus melampirkan syarat-syarat seperti syarat perpanjangan pajak STNK tahunan.

2. Langkah kedua
Selanjutnya Anda dapat menyerahkan berkas tersebut kepada petugas yang ada pada Loket Penyerahan Berkas.

3. Langkah ketiga
Selanjutnya, Anda akan diberikan slip pembayaran pajak yang sesuai dengan jumlah pajak yang harus Anda bayar.

4. Langkah keempat
Slip pembayaran yang sudah Anda terima dapat Anda serahkan ke kasir, serahkan pula uang sejumlah pajak yang harus Anda bayar.

5. Langkah kelima
apabila Anda tidak memiliki denda pajak motor, maka proses pembayaran pajak tersebut akan lebih cepat dan mudah. Setelah melakukan langkah keempat, Anda akan menerima bukti pembayaran pajak kendaraan. Bukti tersebut akan diserahkan kepada Anda sekaligus dengan BPKB danSTNK.

Bagaimana, mudah bukan membayar pajak di Samsat baik pajak kendaraan bermotor 5 tahunan ataupun 1 tahunan. Cara ini memang terkesan sederhana, namun dapat memakan waktu yang tidak sebentar. Namun jika Anda membayar pajak kendaraan sendiri tentu lebih terasa sangat memuaskan dibandingkan dengan harus menggunakan jasa dari orang lain. Syarat bayar pajak motor tersebut tidaklah banyak namun pastikan Anda membawa semua persyaratannya dengan lengkap. Untuk pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan, Anda akan diberikan plat yang baru ketika anda menerima STNK. Plat baru tersebut akan diberikan ketika Anda mengambil bukti pembayaran pajak dan STNK tersebut.

Bagi Anda yang hanya ingin membayar pajak kendaraan bermotor tahunan, Anda juga dapat melakukannya di Samsat keliling. Namun Syarat yang diperlukanpun tetaplah sama, pastikan Anda membawa KTP dan juga BPKB yang asli. Usahakanlah untuk selalu menjadi warga negara yang baik dengan selalu membayar pajak. Jika Anda telat membayar pajak kendaraan, Maka Anda sendiri juga yang akan mengalami kesulitan. Walaupun hanya pajak kendaraan bermotor tahunan, Anda tetap saja harus ke kantor Samsat untuk dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan Pembayaran pajak akan semakin merepotkan karena keterlambatan tersebut, namun secara umumnya syarat bayar pajak motor tetap sama.

Syarat Bayar Pajak Motor dengan Proses Cepat dan Mudah Melakukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown